Jurnal Mirai Management
Vol 8, No 2 (2023)

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Perpustakaan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Apriya Santi (Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin)
Siti Mardah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2023

Abstract

Pelayanan perpustakaan harus diselenggarakan dengan sebaik-baiknya agar pemustaka merasa puas dengan layanan yang diberikan, sehingga memberikan citra positif perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dari dimensi tangibles, responsiveness, dan empathy terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pemustaka, baik pengaruh secara parsial maupun simultan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa sebagai responden, dengan rumus slovin terdapat 89 mahasiswa fakultas ekonomi selaku pemustaka yang dijadikan sebagai responden. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini adalah dengan Regresi Linier Berganda. Dari hasil uji menunjukkan bahwa dimensi tangibles, responsiveness, dan empathy secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa sebagai pemustaka pada Perpustakaan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin, dengan kekuatan pengaruh sebesar 53,2% yang berarti sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...