Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel)
Vol 9, No 1 (2023)

Implikasi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Di Era 4.0

Ma'zumi Ma'zumi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sujai Sujai (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ima Maisaroh (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Implikasi dan implementasi nilai-nilai karakter inti dilakukan secara terpadu melalui jalur monolitik dan jalur terintegrasi baik kurikuler, kokurikuler maupun ekstrakulrikuler, melaui strategi pembelajaran moral knowing, moral loving, dan moral doing. Diharapkan terbentuknya kebiasaan berfikir (peserta didik memiliki pengetahuan, kemauan dan keterampilan dalam berbuat kebaikan) dan pemahaman yang komprehensif menghasilkan anak didik yang memiliki karakter yang kuat dalam arti memiliki ketangguhan dalam keilmuan, keimanan, dan perilaku salih, baik secara pribadi maupun sosial. Pendidikan karakter yang amanahkan oleh Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, adalah sekolah atau lembaga pendidikan. Kini kita dihadapkan pada era 4.0. Era digitalisasi. Bagaimana implikasi dan implementasi pendidkan karakter di era 4.0? Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif, mengidentifikasi implikasi dan implementasi pendidikan karakter di era 4.0. Sebagai temuan, selama masa pandemik Covid -19, belajar secara daring dan keluarga menjadi lingkungan dan teman belajar. Keluarga menjadi garis start internalisasi dan habituasi nilai-nilai karakter diantara delapan belas nilai yang bersumber dari Agama, Pancasila, Budaya, dan tujuan Pendidikan Nasional, yaitu: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Secara implikatif dan implementatif, peserta didik dapat mendayafungsikan kemampuan kognisinya, afeksinya dan psikomotoriknya dalam kesalilhan perilaku. Ketiganya berhubungan secara resiprokal dan berkesinambungan.

Copyrights © 2023