Penelitian ini mencoba menganalisis fenomena yang sering diberitakan berbagai mediainformasi saat ini bahwa kerusakan akhlak di negeri kita sudah sangat memprihatinkan, hal ini diwarnaidengan banyaknya kenakalan remaja seperti kasus perkosaan dan pelecehan seksual,tawuran, kecurangan, dan penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini menganalisis pendidikan karaktermenurut seorang tokoh pendidikan Islam di Indonesia, yaitu Zakiah Daradjat dilihat darisistem pendidikan antara lain; tujuan, materi, metode, dan evaluasi. Zakiah memandang bahwatujuan pendidikan karakter untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat berangkat dari sehatnyamental dan jiwa, melalui pendidikan agama. Materi yang disampaikan dalam pendidikan karakteradalah nilai-nilai universal yang menjadi titah dan ajaran agama Islam, di antaranya adil, amanah,ihsan, jujur, kasih sayang, malu, memenuhi janji, menahan marah, menjaga kehormatan, pemaaf,sabar, santun, dan tawadlhu. Metode yang dapat digunakan serta diaplikasikan sesuai dengantingkat kemampuan dengan memperhatikan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya. Zakiahmenyebutnya harus sesuai dengan tingkat dan jenjang pendidikannya. Evaluasi merupakanpengejawantahan dari tujuan pendidikan. Apakah tujuan pendidikan yang diharapkan telah tercapai.Jika tidak, dimanakah letak persoalannya, apakah tujuan yang dirumuskan terlalu tinggi atau tidak,mungkin teori yang disampaikan tidak sesuai dengan tingkat pendidikan para peserta didik, ataumetode yang disampaikan tidak relevan dengan situasi dan kondisi masyarakat. Implikasipendidikan karakter terhadap pendidikan Islam dan pendidikan Indonesia yakni konsep pendidikankarakter yang diterapkan pada siswa tentu mampu menumbuhkan generasi yang berkarakter,yang seluruh aspek kehidupannya; baik emosi, kognitif, kreativitas, fisik, moral, dan spiritual terintegrasidengan baik. Tentunya sesuai dengan pijakan syariat Islam sehingga melahirkan akhlakmulia seperti dicontohkan Rasulullah, yang pada akhirnya membawa Indonesia menjadi bangsayang berkarakter.Kata kunci: Pendidikan Karakter Islami, tujuan, materi, metode, dan evaluasi.----------------------------------------------------------------------This study tries to analyze the phenomena ofter reported by various media information at thistime that the moral damage in our country is already very concerned, this matter indicated by theamount of juvenile delinquency such as rape and sexual abuse, fights, cheating and drug abuse.This study analyzes the character education according to a prominent Islamic education inIndonesia, namely zakiah Daradjat viewed from the education system, such as; objectives, materials,methods, and evaluation. Zakiah considers that the purpose of education of character to achievehappiness of the world and the hereafter departing from healthy mentally, and spiritually, throughreligious education. Material presented in character education are universal values that becomeedicts and teachings of the Islamic religion, including fair, trust, charity, honesty, affection, shame,promise, hold back angry, guard of honor, forgiving, patient, polite, and tawadlhu. The method canbe used and applied in accordance with ability to pay attention to the level of growth anddevelopment. Zakiah call it should be appropriate to the level and education levels. Evaluation is the embodiment of the purpose of education. Is the expected educational goals have been achieved. Ifnot, where were the case, what is the purpose formulated too high or not, the theory presented maynot correspond with the level of education of the learners, or methods presented are not relevant tothe circumstances of society. Implications of character education towards Islamic education andeducation Indonesia namely, the concept of character education that is applied to the student wouldbe able to cultivate character generation, that all aspects of the life; Good emotional, cognitive,creative, physical, moral, and spiritual are integratedwell integrated. In accordance footing Islamicshari’a that gave birth to a noble character who exemplified the Rasulullah and in the end, bringIndonesia into a nation of character.Keywords: Islaimic character Education, objectives, materials, methods, and evaluation.