Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 3 (2023)

Rekonstruksi Nilai Karakter Anak dalam Lakon Lahire Panji Laras pada Pertunjukan Wayang Topeng Malang

Retno Tri Wulandari (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang)
Muhammad Jazuli (Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, Universitas Negeri Semarang)
Djuli Djatiprambudi (Pendidikan Seni Rupa, Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Fenomena krisisnya nilai karakter dan penurunan moral yang terjadi di kehidupan bangsa dan sekolah sebagai bentuk pengaruh dari globalisasi membutuhkan analisis materi kearifan lokal dengan merekontruksi nilai karakter yang terkandung didalamnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis struktur penyajian dan nilai-nilai pendidikan karakter dalam pertunjukan wayang topeng Malang lakon Lahire Panji Laras untuk direkonstruksi dalam pembelajaran anak usia dini berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil temuan penelitian menunjukkan pertunjukan wayang topeng lakon Lahire Panji Laras terdiri dari babak keputren dan babak lolaras. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung adalah kesatria, pemberani, tangguh, jujur, mandiri, kerja keras, kebaikan, keikhlasan, dan tanggung jawab. Nilai-nilai tersebut direkontruksi dan diintegrasikan ke dalam pembelajaran melalui komponen-komponen pembelajaran, sehingga pendidikan karakter dapat ditanamkan sesuai dengan hakikat pendidikan anak usia dini. Lakon Lahire Panji Laras dalam pertunjukan wayang topeng Malang mengandung nilai-nilai karakter positif yang dapat menjadi bahan pembelajaran pendidikan karakter bagi anak untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...