Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi saluran pemasaran TBS kelapa sawit di wilayah Kecamatan Ngabang dan menganalisis struktur perilaku dan kinerja pasarnya. Lokasi penelitian ditentukan menggunakan metode purporsive sampling sehingga diperoleh tiga desa di wilayah Kecamatan Ngabang. Responden penelitian ini adalah produsen atau petani kelapa sawit dan semua organisasi yang berperan dalam pemasaran TBS kelapa sawit. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya tiga saluran pemasaran untuk TBS kelapa sawit: Saluran pemasaran 1 yaitu, dimulai dari petani menjual ke pedangang pengumpul dan kemudian ke agen besar yang mendistribusikan TBS ke pabrik. Selanjutnya saluran pemasaran ke 2, dimulai dari petani menjual ke agen besar kemudian langsung menuju ke pabrik. Serta saluran Pemasaran ke 3, di mulai dari petani menjual kepada pedagang pengumpul dan langsung menuju pabrik pengolahan. Struktur pasar pasar TBS kelapa sawit diidentifikasikan sebagai pasar oligopoli, hasil ini ditunjukan dari nilai pangsa pasar (market share), konsentrasi rasio (CR4), indeks Herfindahl, dan hambatan untuk masuk dan keluar pasar setiap lembaga pemasaran yang ada menunjukan nilai yang tidak berbeda jauh. Kinerja atau market performance masing-masing saluran pemasaran menunjukkan bahwa margin, bagian yang diterima petani dan keuntungan terbesar terdapat pada saluran pemasaran II.
Copyrights © 2023