PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Vol. 1 No. 2 (2023): PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA SISWA KELAS 1 SDN TANJUNG JATI 2

Cindy Erra Agustin (Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia)
Agung Setyawan (Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 dengan menggunakan pendekatan Whole language di SDN Tanjung Jati 2, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas dengan melibatkan observasi langsung terhadap peserta didik dan penggunaan tes sebagai alat pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus satu dan siklus dua. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca siswa kelas 1 di SDN Tanjung Jati 2, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Pada siklus satu, persentase siswa yang mencapai Ketuntasan Minimal (KKM) dalam kemampuan membaca adalah sebesar 30%. Namun, pada siklus dua, persentase siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 78%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Whole language dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat efektif meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Oleh karena itu, disarankan agar pendekatan Whole language terus diterapkan dalam proses pembelajaran di SDN Tanjung Jati 2 maupun sekolah-sekolah lainnya guna meningkatkan keterampilan membaca siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pandu

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PANDU merupakan jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang berfokus dalam kajian pendidikan anak dan pendidikan umum. Jurnal PANDU menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel penelitian empiris original di bidang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, ...