PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Vol. 1 No. 2 (2023): PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum

PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SING A SONG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SDN KAUMAN II

Eka Maya Kusuma (Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia)
Agung Setyawan (Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Metode pembelajaran yang merupakan alat atau cara yang digunakan pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran sangat penting dikaji atau diteliti. Bermacam-macam metode pembelajaran yang ada namun guru biasanya hanya mengangkat metode ceramah sebagai metode pembelajaran. Dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran sing a song dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sing a song yang merupakan salah satu metode pembelajaran melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan teknik penelitian Kemmis dan MC Taggart. Penelitian ini dilakukan di salah satu SDN kauman II dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 22 anak sebagai sampel penelitian. Data diperoleh dari nilai tes yang dilakukan dengan memberikan soal berupa pilihan ganda dan beberapa data hasil wawancara dan observasi sebagai data pendukung. Dari hasil penelitian nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode sing a song sebesar 69,55. Setelah menggunakan metode sing a song rata-rata hasil belajar siswa meningkat, pada siklus I sebesar 76,36 dan pada siklus II sebesar 84,09. Dari rata-rata hasil belajar siswa yang ada, metode sing a song dinilai efektif digunakan dengan nilai keberhasilan sebesar 59,09% pada siklus I dan 81,81% pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 22,72%. Metode sing a song dinilai cocok diterapkan di sekolah dasar, namun penerapan metode ini harus diimbangi dengan penggunaan media yang menarik agar siswa tidak bosan dengan metode yang ada.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pandu

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PANDU merupakan jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang berfokus dalam kajian pendidikan anak dan pendidikan umum. Jurnal PANDU menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel penelitian empiris original di bidang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, ...