PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Vol. 1 No. 2 (2023): PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA JAWA KELAS III MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE

Ramadhani Oktavia Rahma (Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia)
Agung Setyawan (Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena sebagian besar siswa SD memandang materi aksara Jawa sukar dipelajari karena peserta didik cenderung sukar untuk menghafal bentuk tulisan aksara Jawa yang beragam. Penelitian ini bertujuan guna meningkatkan kemampuan menulis aksara jawa melalui model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada siswa kelas III SDN II Pengumbulanadi. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas agar dapat mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menulis aksara Jawa. Subjek penelitian ini yaitu 10 siswa kelas III SDN II Pengumbulanadi. Instrument dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan secara signifikan saat peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Ketika pelaksanaan pra siklus diperoleh nilai rata-rata 53, siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 61 dan hanya 5 peserta didik yang tuntas. Sedangkan di siklus II seluruh peserta didik telah tuntas dengan diperoleh nilai rata-rata kelas 78. Menurut hasil penelitian tersebut, ditarik kesimpulan bahwa tejadi peningkatan kemampuan menulis aksara jawa ketika model pembelajaran tipe scramble.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pandu

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PANDU merupakan jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang berfokus dalam kajian pendidikan anak dan pendidikan umum. Jurnal PANDU menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel penelitian empiris original di bidang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, ...