Pisang adalah salah satu komoditas unggulan hortikultura yang memiliki jumlah produksi terbesar nasional. Peningkatan daya saing merupakan upaya dalam meningkatkan ekspor pisang Indonesia di pasar Internasional. Daya saing memerankan kunci penting dalam ekspor pisang Indonesia dimana akan menggambarkan kemampuan bersaing dalam memenuhi market demand-nya. Daya saing juga menjadi faktor penting untuk melihat seberapa besar kompetitifnya ekspor Indonesia di negara tujuan utama. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis posisi daya saing kompetitif ekspor pisang indonesia ke lima negara tujuan utama yaitu China, Malaysia, Jepang, Uni Emirat Arab dan Singapura. Export Product Dynamics (EPD) digunakan dalam metode penelitian ini. Hasil analisis EPD menyatakan bahwa negara China menempati posisi rising star, sedangkan negara Malaysia, Jepang dan Singapura menempati posisi falling star. Posisi lost opportunity ditunjukkan pada negara Uni Emirat Arab dan tidak ada negara yang berada diposisi retreat. Sebagai upaya dalam mempertahankan posisi Indonesia sebagai negara ekspor-tir yang kuat ke negara China maka pemerintah perlu memberikan kebijakan yang tepat terhadap ekspor pisang Indonesia ke China agar terus meningkat dan dapat mempertahankan posisi daya saing kompetitifnya di posisi rising star.
Copyrights © 2023