PEDAGOGIA
Vol 21, No 1 (2023)

IMPLEMENTING RASCH MODEL AS AN APPROACH TO TEST ACADEMIC INTEGRITY INSTRUMENT'S VALIDITY AND RELIABILITY

Dira Devayanti (Unknown)
Dodi Suryana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yaya Sunarya (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis validitas instrumen integritas akademik siswa sekolah menengah atas (SMA) di Bandung. Instrumen integritas akademik terdiri atas 45 butir item dengan di dalamnya memuat lima aspek integritas akademik yaitu kejujuran, kepercayaan, keadilan, rasa hormat, dan tanggung jawab. Sampel penelitian adalah 80 siswa sekolah menengah atas yang disebar secara acak pada 3 kelas di Bandung. Desain metode pada penelitian ini menggunakan survei sebagai pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Data dianalisis dengan model Rasch menggunakan aplikasi Winstep versi 3.73. Hasil analisis temuan bahwa: 1) Interaksi antara responden dengan item termasuk ke dalam kategori baik; 2) Nilai reliabilitas responden yang menunjukkan konsistensi responden dalam mengisi instrumen termasuk dalam kategori baik dan dapat diterima; 3) Reliabilitas butir item sebagai indicator kualitas butir-butir item dalam instrumen tergolong kategori istimewa; 4) Rata-rata tingkat kesulitan standar item berada di atas tingkat kemampuan siswa SMA. Dengan demikian item-item instrumen integritas akademik mudah disetujui oleh para siswa sekolah menengah atas di Bandung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Education

Description

PEDAGOGIA (e-ISSN 2579-7700, p.ISSN 1693-5276 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Faculty of Education, Indonesia Univerity of Education. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for publishing the original research articles or review ...