Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul siswa pada materi program linear yang valid, praktis dan dapat memudahkan siswa dalam belajar secara mandiri. Penelitian ini melibatkan 3 dosen ahli sebagai validator, 3 guru matematika sebagai responden kepraktisan dan 22 siswa MA Al-Hidayah sebagai responden tanggapan siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket validasi, angket kepraktisan dan angket tanggapan siswa. Kemudian data yang terkumpul di analisis menggunakan kriteria validitas, kepraktisan dan tanggapan siswa. Dari hasil penelitian ini didapat nilai persentase validitas modul yaitu 89,97% dengan kriteria sangat valid, nilai persentase kepraktisan modul yaitu 84,94% dengan kriteria sangat praktis dan nilai persentase tanggapan siswa yaitu 82,80% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan valid, praktis dan mendapat tanggapan baik dari siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran matematika di sekolah maupun secara mandiri.
Copyrights © 2023