PRISMA
Vol 12, No 1 (2023): PRISMA

Analisis Learning Obstacle Siswa SMP dalam Memahami Konsep Luas Permukaan Limas

Firda Luthfiatika Jannah (Unknown)
Cita Dwi Rosita (Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa dalam memahami materi luas permukaan limas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi learning obstacle siswa SMP dalam memahami konsep luas permukaan limas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian didactical design research (DDR). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 subjek berdasarkan kategori kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes pemahaman konsep dan instrumen wawancara. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, siswa masih mengalami learning obstacle yaitu siswa belum bisa membedakan antara tinggi limas dengan rusuk tegak limas, siswa belum bisa menentukan alas limas dan tinggi limas, siswa belum memahami konsep luas permukaan limas, siswa tidak memahami materi prasyarat, siswa tidak dapat menyelesaikan soal yang berbeda dari contoh soal dan siswa belum bisa mengaplikasikan konsep luas permukaan limas pada soal-soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...