INKUIRI : Jurnal Pendidikan IPA
Vol 12, No 1 (2023): INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA

Jesika Rizki Octavia (Sebelas Maret University)
Sri Widoretno (Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 57126, Indonesia)
Supurwoko Supurwoko (Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 57126, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara komponen motivasi belajar dan komponen keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian ex-post facto dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pabelan yang berjumlah 180 siswa. Sampel penelitian berjumlah 124 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling menggunakan rumus menurut Slovin dengan tingkat kesalahan atau tingkat kesalahan yang ditoleransi 5% atau 0,05. Instrumen penelitian berupa angket persepsi siswa terhadap motivasi belajar dan soal essay berpikir kritis yang divalidasi menggunakan RASCH. Prosedur pengumpulan data penelitian dilakukan secara tatap muka dengan menyebarkan angket motivasi belajar dan menjawab pertanyaan keterampilan berpikir kritis. Tahap analisis data dilakukan dengan pengujian prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorof-Smirnov, uji homogenitas dengan uji Harley, dan uji hipotesis dengan uji korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima aspek motivasi belajar dan komponen keterampilan berpikir kritis terdapat hubungan yang signifikan antara aspek ulet menghadapi kesulitan dengan: inferensi (Sig. 0,002; r 0,275); pengandaian dan integrasi (Sig. 0,030; r 0,195), aspek keinginan dan keinginan untuk berhasil dengan: klarifikasi terlebih dahulu (Sig. 0,040; r 0,184); anggapan dan integrasi (Sig. 0,021; r 0,207), dan aspek ketekunan belajar dengan: anggapan dan integrasi (sig. 0,025; r 0,201), sedangkan 20 uji korelasi lainnya menunjukkan hubungan yang tidak signifikanThis study aims to analyze the correlation in the components of learning motivation and the components of critical thinking skills. This research is a quantitative research using ex-post facto research method with a correlational approach. The research population was 180 students of 7th grade of SMP Negeri 2 Pabelan. The research sample amounted to 124 students. The sampling is using probability sampling technique with the type of simple random sampling using the formula according to Slovin with an error rate or error level that is tolerated 5% or 0.05. The research instrument consists of students' perceptions of learning motivation questionnaire and critical thinking essay questions which were validated using RASCH. The research procedure for collecting data was face-to-face by distributing learning motivation questionnaire and answering questions on critical thinking skills. The data analysis phase was carried out by testing prerequisite analysis, namely normality test using the Kolmogorof- Smirnov test, homogeneity test using the Harley test, and hypothesis testing using the Pearson product moment correlation test. The results showed that from the five aspects of learning motivation and components of critical thinking skills there was a significant correlation between the tenacious aspect of facing difficulties with: inference (Sig. 0.002; r 0.275); supposition and integration (Sig. 0.030; r 0.195), aspects of desire and desire to succeed with: advance clarification (Sig. 0.040; r 0.184); supposition and integration (Sig. 0.021; r 0.207), and aspects of persistence in learning with: supposition and integration (sig. 0.025; r 0.201), while the other 20 correlation tests showed an insignificant relationship

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

inkuiri

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Astronomy Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Earth & Planetary Sciences Education Energy Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

INKUIRI Jurnal Pendidikan IPAis a peer-reviewed open-access journal. The journal disseminates papers written based on the results of study and review of literature in the sphere of natural sciences education, biology education, physics education, and chemistry education in primary, secondary, and ...