Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya
Vol 10, No 1 (2023)

KAJIAN KUALITAS PERAIRAN SUNGAI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN DESAIN FILLA CHART

Susy Amizera (Sriwijaya University)
Didi Jaya Santri (Unknown)
Nike Anggraini (Unknown)
Elvira Destiansari (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran berbasis masalah menggunakan desain FILLA Chart dan mendapatkan gambaran kualitas perairan sungai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian itu yaitu penelitian desktriptif kualitatif. Pada penelitian ini, kajian kualitas perairan yang diamati yaitu sungai sekanak, Palembang. Penelitian ini dilaksanakan melalui pembelajaran berbasis masalah menggunakan desain FILLA Chart. Skenario pembelajaran berbasis masalah menggunakan desain FILLA Chart dilaksanakan melalui lima tahapan, yaitu : (1) mahasiswa diberikan gambaran permasalahan mengenai penurunan kualitas perairan, (2) mahasiswa diberikan kesempatan untuk memahami permasalahan menggunakan FILA Chart (3) mahasiswa mengamati secara langsung kondisi perairan sungai sekanak, (4) mahasiwa menganalisis hasil pengamatan lapangan mengenai kualitas perairan sungai sekanak dan (5) mahasiswa melaporkan hasil investigasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai kajian kualitas perairan sungai melalui pembelajaran berbasis masalah dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah menggunakan desain FILLA Chart dapat digunakan dalam upaya investigasi kualitas perairan sungai. Selain itu, melalui pembelajaran berbasis masalah diindikasikan bahwa kualitas perairan sungai yang diamati berada pada kondisi yang tercemar ditinjau dari faktor fisik dan biologi. Dengan demikian pembelajaran berbasis masalah menggunakan desain FILLA Chart dapat menjadi alternatif model pembelajaran untuk mengatasi permasalahan lingkungan khsusunya lingkungan perairan sungai

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fpb

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Jurnal Pembelajaran Biologi : Kajian Biologi dan Pembelajarannya (e-issn : 2613-9936; p-issn : 2355-7192), journals managed by the Biology Education Study Program FKIP Unsri. This journal has been active since 2014, biannually. starting in 2019, Jurnal Pembelajaran Biologi will only publish 6 ...