Penelitian ini didasari oleh fenomena adanya mahasiswa yang menyalin tugas teman dalam pengerjaan tugas mandiri sebagai salah satu indikasi kurangnya kemandirian belajar. Hal ini diduga memiliki pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Subjek penelitian adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Sriwijaya dengan sampel sebanyak 105 mahasiswa dari jumlah populasi 145 mahasiswa dan sampel pada penelitian ini dipilih menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dengan reliabilitas 0,916 (kemandirian belajar) dan 0,923 (kemampuan pemecahan masalah). Data dianalisa menggunakan Pearson Product Moment Correlation. Berdasarkan hasil penelitian terungkap terdapat hubungan kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah (r= 0,601). Implikasi hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan dalam pembuatan program layanan Bimbingan dan Konseling.
Copyrights © 2023