Jurnal Komunikasi Islam (J-KIs)
Vol 4 No 1 (2023): J-Kis: Jurnal Komunikasi Islam Juni 2023

Komunikasi Simbolik: Implikasi Penggunaan Chatbot Sebagai Upaya Peningkatan Efektivitas Pelayanan Customer Service

Mubarok Ahmadi (Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan implikasi chatbot untuk meningkatkan efektivitas pelayanan customer service, bagi persuhaan customer sevice merupakan ujung tombak sebab berkomunikasi langsung dengan konsumen. Seringnya pertanyaan yang diajukan oleh konsumen sehingga pertanyaan tersebut bisa ditandai kedalam simbol. Komunikasi simbolik yang terdapat pada chatbot mampu meningkatkatkan efektivitas customer service. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan mengambil sumber data dari perusahaan yang telah menerapkan chatbot sebagai media komunikasi antara customer service dengan konsumen. Hasil yang diperoleh dari Implikasi penggunaan chatbot pada penelitian ini diantaranya adalah meningkatkan efisiensi, menyediakan dukungan pelanggan yang konsisten, meningkatkan kepuasan konsumen dan mengurangi biaya bagi perusahaan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j-kis

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Komunikasi Islam (J-KIs) merupakan jurnal unggulan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAI Pangeran diponegoro Nganjuk. J-KIs berisi artikel hasil penelitian empiris & analisis-reflektif bagi para praktisi dan akademisi baik di bidang komunikasi ...