Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 12 No 1 (2023)

Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kaneker di Desa Bitefa

Donisius Uskono (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor, Kefamenanu, Indonesia)
Yohanis Ndapa Deda (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor, Kefamenanu, Indonesia)
Stanislaus Amsikan (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Timor, Kefamenanu, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Riset ini bertujuan guna mengeksplorasikan etnomatematika pada game tradisional kelereng di Desa Bitefa. Kategori riset yang digunakan merupakan riset kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber informasi dalam riset ini merupakan salah satu toko adat serta anak-anak yang melaksanakan game tradisional kelereng di Desa Bitefa. Metode pengumpulan informasi memakai observasi, wawancara serta dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan dalam riset ini periset sendiri dengan mengguakan perlengkapan bantu berbentuk pedoman observasi serta pedoman wawancara. Informasi tersebut dianalisis dengan metode analisis domain, analisis taksonomi, analisis komperensial serta analisis tema. Hasil riset ini membuktikan bahwa ada sebagian konsep matematika dalam game tradisional kelereng: 1). Etnomatematika dari permainan kelereng ditinjau dari struktur kelereng terdapat konsep bangun ruang berupa bola. 2). Etnomatematika ditinjau dari arena permainan terdapat konsep bangun datar berupa lingkaran dan segitiga. 3). Etnomatematika ditinjau dari aturan permainan kelereng terdapat konsep jarak. 4). Etnomatematika ditinjau dari pembidikan (kuti) kelereng terdapat operasi aljabar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

primatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika discusses problem in mathematics education realm such as problems in teaching and learning of mathematics or methodological problems in the field of research in mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and ...