Jurnal Sosial Humaniora Sigli
Vol 6, No 1 (2023): Juni 2023

Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Program Linear

Deyvita Tanor (Universitas Negeri Manado)
James U.L. Mangobi (Universitas Negeri Manado)
Vivian E. Regar (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui keefektifan penggunaan Problem Based Learning(PBL) dalam pembelajaran materi program linier.Penelitian ini terdiri dari empat indikator keefektivan pembelajarn, yaitu Hasil belajar siswa, respon siswa pada pembelajaran, aktivitas siswa selama pembelajaran, dan kemampuan guru dalam memantau pembelajaran. Jenis penelitian yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan diSMA Negeri 1 Motoling pada smester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 dengan subjek penelitian adalah 29 siswa kelas XI MIPA 3. Teknik akuisis data yang digunakan yaitu Teknik tes, observasi atau pengamatan, serta analisis data. DariHasil penelitian menyimpulkan penggunaan model Problem Based Learning(PBL) dalam pembelajaran materi program linier dinilai efektif. Hal ini ditunjukkan dengan terpenuhinya empat indikator keefektifan penggunaan model pembelajaran, yaitu: (1) Hasil belajar siswa materi program linear dikategorikan tuntas secara klasikal (2) balasan siswa mengenai pembelajaran positif. (3) kegiatan siswa dalam pembelajarn dinilai baik. (4) Kemampuan belajar guru dalam mengelolah pembelajaran dinilai sangat baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSH

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Sosial dan Humaniora Sigli, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Pendidikan, keguruan, hukum, administrasi negara dan ilmu Sosial lainnya diterbitkan secara berkala 6 bulanan. JSH diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur dengan ...