Abdi Laksana
Vol 4 No 2 (2023): Abdi Laksana : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMK SASMITA JAYA PAMULANG, TANGERANG SELATAN

Fadillah, Fadillah (Unknown)
Sulistiyani, Sulistiyani (Unknown)
Hulasoh, Ela (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Masa remaja adalah waktu yang tepat untuk mendapatkannya pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan. Melalui pelatihan digital marketing para siswa diharapkan mampu membuka peluang usaha dengan mandiri dan berkesinambungan yaitu dengan berwirausaha. Sehingga, ada peningkatan intensi berwirausaha untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sasmita Jaya, Pamulang. Pelatihan digital marketing memberikan keterampilan khusus pada siswa, sehingga dapat mengelola keterampilannya sebagai sumber kehidupannya. Menumbuhkan jiwa berwirausaha pada siswa akan mengurangi tingkat pengangguran, karena setelah lulus dari sekolah diharapkan siswa mampu merintis usaha sendiriDigital marketing merupakan suatu bentuk program mempromosikan atau memasarkan sebuah produk dan merk dengan menggunakan media digital. Hal ini terjadi karena perkembangan teknologi dan juga pengguna internet sehingga internet menjadi sebuah market yang sangat prospektif. Digital marketing merupakan solusi untuk menjangkau pelanggan lebih banyak dengan dana yang sedikit. Kehadiran teknologi saat ini merupakan peluang bagi para siswa untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dengan gadget yang dimiliki akan menjadi pemasaran yang paling ampuh dalam menggapai pangsa pasar konsumen yang lebih luas. Oleh Karena itu berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin mengetahuai seberapa pengarunya terhadap minat berwirausaha karena pengetahuan digital marketing (Istiqomah, 2021).SMK merupakan salah satu bagian dari sistem pendidikan diharapkan dapat menghasilkan  lulusan yang berkompeten dalam bidangnya, SMK membekali siswanya untuk bisa bekerja secara mandiri dan terampil. Bekal yang di dapat oleh siswa selama proses pelatihan digital marketing diharapkan mampu meningkatkan jumlah wirausaha. Sehingga, siswa lebih mandiri dan mampu menghadapi para pesaing di masa depan (Munarsih, n.d.). Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia mengalami kenaikan secara signifikan dari tahun ke tahun, hingga telah mencapai lebih dari 130 juta pengguna di tahun 2017, yang didominasi oleh pengguna internet melalui perangkat mobile daripada desktop pc. Pelatihan digital marketing membantu siswa untuk memahami implementasi digital marketing yang paling efektif dan efisien atau selaras dengan tujuan bisnis yang diharapkan. Digital marketing tidak lagi menjadi sesuatu yang membingungkan, karena semua yang dilakukan dapat dijalankan sendiri dan diukur kinerjanya. Dari hasil analisa tersebut, para siswa yang mengikuti pelatihan digital marketing dapat belajar untuk melakukan perubahan yang lebih baik dalam berwirausahaBerangkat dari analisis situasi tersebut di atas, maka kemudian dilakukan pengabdian oleh tim pengabdi dari Universitas Pamulang terkait peningkatan pemahaman praktik digital marketing untuk meningkatkan intensi berwirausaha siswa SMK Sasmita Jaya Pamulang. Sebagai upaya untuk membangun upaya dan mendorong motivasi dan membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki oleh para siswa – siswi akan potensi berwirausaha yang dimiliki dan juga meningkatan kompetensi literasi digital terkait marketing. Dalam pengabdian ini akan terjadi transfer pengetahuan, keterampilan dan penguasaan teknologi kepada para peserta didik sehingga peserta didik menjadi berdaya atau memiliki kekuatan untuk mengembangkan jiwa wirausaha. Melalui pengabdian ini maka diharapkan para siswa-siswi SMK Sasmita Jaya Pamulang akan mampu mengembangkan usaha dan melakukan pemasaran secara digital. Metode yang diterapkan pada pelaksanaan program kegiatan PKM ini adalah pemberian materi dan pelatihan Ipteks kepada berupa teori dan contoh dalam melaukan praktik pemasaran digital guna mengembangkan usaha dengan strategi digital marketing. Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah metode pelatihan komprehensif yaitu melatih secara keseluruhan peserta didik.Kata Kunci : Digital Marketing, Intensi Wirausaha.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JAL

Publisher

Subject

Description

Merupakan jurnal ilmiah dari hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen. Jurnal ini dikemas secara padat dan berisi, sehingga mudah dipahami oleh pembaca dari kalangan akademis dan umum. Jurnal ini merupakan implementasi hasil penelitian. Abdi Laksana adalah Jurnal Pengabdian Kepada ...