Pendahuluan : Edukasi menjadi salah satu upaya untuk menambah pengetahuan dan informasi untuk mencegah terjadinya komplikasi. Selain itu edukasi kesehatan dapat berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap seseorang dalam mencegah terjadinya penyakit. Hipertensi didefinisikan sebagai peningkatan tekanan darah sistolik lebih besar atau sama dengan 140 mmHg, dan peningkatan tekanna diastolic lebih besar atau sama dengan 90 mmHg pada 2 kali pemeriksaan dengan selang waktu 5 menit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Metode Edukasi Terhadap Kepedulian Masyarakat Dalam Meningkatkan Pengetahuan Hipertensi. Metode Penelitian : Penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan desain study quasy eksperimen the time series eksperiment atau one group pre test dan post test. Teknik pengumpulkan sampel dilakukan dengan cara non probability sampling menggunakan accidental sampling. Hasil Penelitian : Berdasarkan hasil uji dengan menggunakan uji paired t test didapatkan nilai p Value sebesar 0,000. Dikarenakan hasil p Value <0,05, maka disimpulkan adanya perbedaan tingkat pengetahuan hipertensi sebelum diberikan edukasi dan setelah diberikan edukasi. Saran : Diharapkan hasil penelitian ini dapat menambah bahan kepustakaan dan dapat menjadi pedoman bagi mahasiswa untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap sehingga memudahkan mahasiswa dalam memberikan penjelasan kesehatan kepada masyarakat luas tentang penyakit hipertensi.
Copyrights © 2023