JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengelolaan Kelas: Pengaruh Penataan Tempat Duduk pada Hasil dan Motivasi Belajar Anak di Kelas 3 SD

Puji Ayu Handayani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Winti Ananthia (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2023

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan suatu faktor yang sangat penting pada saat pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Di mana posisi tempat duduk juga sangat berdampak pada hasil serta motivasi belajar siswa, hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui posisi tempat duduk yang sesuai. Dengan tempat duduk yang sesuai akan meningkatkan keaktifan serta kreatifitas siswa di dalam kelas, sehingga hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar yang di dapatkan oleh siswa. Pengelolaan kelas yang baik akan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak. Guru juga sangat berperan penting dalam pengelolaan kelas, karena tugas guru bukan hanya mengajar tetapi guru juga harus bisa mengarahkan peserta didik agar mencapai tujuan yang diharapkan. Pentingnya penataan tempat duduk agar terjalin interaksi yang baik antara guru dan siswa sehingga hal tersebut dapat mengoptimalkan proses pembelajaran di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penataan tempat duduk terhadap hasil belajar dan motivasi belajar anak pada siswa kelas 3 sekolah dasar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...