JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Upaya Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Siswa SD dalam Berbicara Melalui 3 Kata Ajaib: Maaf, Tolong, dan Terima Kasih

Alvira Oktavia Safitri (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Winti Ananthia (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2023

Abstract

Penulisan dari penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya pendidikan moral terhadap kesopanan dan kesantunan siswa SD. Pada era modern seperti saat ini, sangat mempengaruhi tingkat kesopanan dan kesantunan anak dalam berbicara, terutama anak usia sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan, untuk mengetahui apa pengaruh dari pembiasaan dan pendidikan moral mengenai kesantunan berbicara untuk meningkatkan perilaku sopan dan santun siswa SD melalui 3 kata ajaib yakni kata maaf, tolong, dan terima kasih. Lokasi penelitian difokuskan pada siswa kelas 4 SDN Jatinangor, dengan jumlah sampling sebanyak 12 anak yang salah satunya diwawancarai untuk data yang diperlukan. Metode yang digunakan untuk penelitian ini ialah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, dimana penjabarannya diuraikan dengan kata-kata, tidak menggunakan angka statistik dan kajian dari hasil studi literature berdasarkan artikel ilmiah, buku, serta jurnal yang relevan. Teknik dari pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi dan wawancara. Peneliti mencatat setiap kegiatan yang terjadi selama proses berbicara dan berbahasa pada siswa SD dan mengamati secara langsung juga memberikan pemahaman kepada siswa di SDN Jatinangor mengenai sopan santun dalam berbicara.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...