Dalam era teknologi saat ini, pemilik kafe menghadapi kesulitan dalam mengetahui kekurangan kafe mereka dan mengembangkan strategi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Machine Learning menggunakan metode Naïve Bayes dalam klasifikasi ulasan pelanggan untuk membantu pemilik kafe dalam pengambilan keputusan. Melalui aplikasi berbasis website dengan menggunakan framework Django, pemilik kafe dapat dengan efisien mengklasifikasikan ulasan pelanggan berdasarkan aspek-aspek seperti pelayanan, rasa, dan kualitas, serta menentukan sentimen positif atau negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa klasifikasi aspek pelanggan pada Cafe Ti Amo memiliki akurasi sebesar 81,12% dan klasifikasi sentimen pelanggan pada Cafe Ti Amo memiliki akurasi sebesar 97%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sistem sudah cukup mampu dalam mengklasifikasi aspek dengan benar sehingga analisis ulasan pelanggan memberikan solusi yang efektif bagi pemilik kafe dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.
Copyrights © 2023