JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pembiasaan Gerakan Pungut Sampah (GPS) untuk Menanamkan Nilai Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar

Siti Aisyah Nurfatimah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Winti Ananthia (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2023

Abstract

Negara maju merupakan negara yang memiliki dan mampu menghasilkan SDM yang berkualitas, sehingga bisa menunjang tumbuh kembang dari negaranya ke arah yang baik. SDM yang berkualitas ialah individu yang mempunyai nilai karakter yang kuat. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menunjukkan pentingnya penanaman nilai karakter peduli lingkungan bagi siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang dipakai ialah metode pendekatan tinjauan pustaka. Metode ini mampu menghasilkan data deskriptif dan analisis disertai dengan interpretasi kedalam sebuah tulisan atau lisan, baik dari individu ataupun dari perilaku yang diamati. Penelitian ini menghasilkan salah satu upaya untuk meningkatkan nilai karakter peduli lingkungan di sekolah dasar, melalui gerakan pungut sampah. Hal ini dilakukan karena banyaknya siswa sekolah dasar yang kurang peka terhadap lingkungannya dan masih banyak siswa yang membuang sampah sembarangan. Nilai karakter peduli lingkungan di sekolah dasar adalah hal penting yang bisa menyadarkan siswa terkait pentingnya menjaga kelestarian lingkungan bagi kehidupan. Gerakan pungut sampah ini harus dibiasakan mulai dari sejak dini, karena bentuk usaha untuk menghasilkan SDM yang berkualitas adalah dengan memiliki calon generasi penerus bangsa yang mempunyai karakter kuat, salah satunya adalah nilai karakter peduli lingkungan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...