JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Joko Widodo’s Strategies Critical Speech Act at The G20

Saragi N Christina (English Education Study Program, HKBP Nommensen University)
Ika Ajah Cici (English Education Study Program, HKBP Nommensen University)
N Debora Fenty (English Education Study Program, HKBP Nommensen University)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi voice action apa saja yang telah diunggah di salah satu akun Youtube Viva.co.id. Selain itu, setelah dilakukan penelitian, peneliti ingin menarik beberapa kesimpulan untuk menjawab permasalahan penelitian. Dengan menggunakan data di atas, peneliti menemukan bahwa Joko Widodo, yang ditambahkan ke akun Youtube Viva.co.ic, menggunakan tindak tutur tidak langsung strategis yang dominan. Data di atas menunjukkan bahwa ada 14 kali lebih banyak data strategi aktivitas bahasa langsung, di mana 34,2% kalimat bermasalah, 2,85% penolakan ekspresi, dan 34,2% kalimat sulit. Strategi bahasa tidak langsung meliputi menunjukkan data standar sebanyak 7 kali, meminta perubahan sebanyak 10 kali, mengungkapkan informasi yang tidak pasti satu kali, mengungkapkan saran untuk mengubah data sebanyak dua kali, dan meminta atau menerima informasi satu kali. Sedangkan Joko Widodo jarang menggunakan fungsi live talk yang diunggah ke salah satu akun Youtube viva.co.id. Peneliti menyimpulkan bahwa Joko Widodo terutama menggunakan strategi tindak tutur tidak langsung. Itu ditemukan dalam 21 kasus. Strategi untuk kegiatan bahasa tidak langsung meliputi menunjuk ke data standar tujuh kali, meminta perubahan sepuluh kali, mengungkapkan informasi yang tidak pasti satu kali, menyarankan informasi untuk diubah dua kali, dan meminta atau menerima informasi satu kali.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...