JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 03 Rancaekek pada Pembelajaran TematikPenerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN 03 Rancaekek pada Pembelajaran Tema

Annisa Laela Putri (Universitas Pendidikan Indonesia)
Desi Nursyifa Ramdhani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Elsa Aulia Fadhilah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk mendeskripkan hasil dan proses belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning atau PBL di kelas II SDN 03 Rancaekek. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Upaya peningkatkan hasil belajar siswa dengan mennggunakan model pembelajaran Problem Based Learning melalui langkah-langkah berikut: orientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis serta mengevaluasi proses pemecahan masalah.Hasil dari pembelajaran ini dilihat dari tes lembar evaluasi dan LKPD. Dimana dari hasil lembar evaluasi sebanyak 60% siswa mendaptkan nilai 70/100 dan dari hasil pengerjaan LKPD seluruh kelompok siswa dapat menjawabnya dengan benar dan tepat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...