JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Strategi Pengembangan UMKM dengan Metode SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) pada UMKM Freshy Salad

Ni Luh Laksmi Rahmantari (Universitas Tabanan)
Ni Komang Mela Tri Utari (Universitas Tabanan)
I Putu Dharmawan Suryagita Susila Putra (Universitas Tabanan)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2023

Abstract

UMKM merupakan faktor penting dalam pembangunan ekonomi Bali karena dapat membantu meningkatkan pemerataan pembangunan melalui kemitraan dengan masyarakat lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Freshy Salad menggunakan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Data yang digunakan dalam penelitian meliputi data primer dan data sekunder. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan 10 orang pemilik dan pelanggan Freshy Salad. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode IFAS dan EFAS, SWOT, dan QSPM. Setelah menganalisis QSPM, langkah selanjutnya dalam pengambilan keputusan adalah menerapkan alternatif strategi yang baik. Untuk mencapai hal tersebut, Freshy Salad harus menerapkan strategi yang selaras dengan strategi pengambilan keputusan terbaik. Strategi tersebut meliputi pengembangan produk, diferensiasi produk, dan inovasi produk. Evaluasi dan implementasi strategi ini juga harus dilakukan untuk memastikan daya saing perusahaan dan mempertahankan legalitasnya. Perencanaan legalitas sangat penting bagi perusahaan untuk bertindak secara bertanggung jawab dan tidak hanya mengandalkan komunikasi online. Mempromosikan produk melalui media sosial dapat membantu mencapai hasil yang lebih baik dan meningkatkan peluang pencapaian KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...