Instructional Development Journal
Vol 6, No 1 (2023): IDJ

Problematika Pelaksanaan Program Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Al-Furqan Kandis

Nurhayati Zein (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Murny Murny (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Afrida Afrida (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Mirawati Mirawati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Marwan Marwan (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTW) dan problem yang terjadi dalam proses pelaksanaannya. Data diambil di MDTW Al-Furqan yang diintegrasikan dengan SMP Negeri 5 Kandis Kabupaten Siak. Pelaksanaan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan data dihimpun melalui obervasi dan wawancara dengan guru yang mengajar di MDTW lokasi penelitian. Program MDTW yang diarahkan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Siak telah dilaksanakan oleh kepala sekolah dan guru. Namun ditemukan problem yang dihadapi oleh guru dalam menjalankan program MDTW yaitu lokasi merupakan daerah terpencil, tidak adanya panduan administrasi yang baku, pasilitas sekolah yang tidak mendukung, bervariasinya latar belakang siswa dan guru, serta tidak ada pendampingan dan pelatihan kepada guru dari pihak pemerintah dan institusi terkait. Menindaklanjuti problem yang dihadapi, guru hanya melaksanakan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki sehingga program tidak terlaksana dengan maksimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IDJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi ...