Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara metode picture and picture dengan motivasi belajar pada mata pelajaran Matematika kelas III SD Swasta Santo Petrus Medan materi pecahan. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Swasta Santo Petrus Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas III-C berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian ini berjenis kuantitatif korelasional dengan instrumen penilaian berupa kuesioner (angket). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara metode picture and picture dengan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji koefisien korelasi sebesar 0,735 artinya thitung > ttabel yaitu 0,735 > 0,361, selanjutnya dari hasil uji hipotesis (uji t) menunjukkan bahwa metode picture and picture memiliki memiliki hubungan yang signifikan dan positif, hal ini terbukti dari thitung > ttabel dimana 5.743 > 1,70 pada taraf signifikansi ? = 0,05. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara metode picture and picture dengan motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2023