JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Publik pada Kantor Lurah Puncak Cendrawasih

Yanti Timisela (Universitas Kristen Papua)
Ade Andriani Renouw (Universitas Kristen Papua)
Seravina Mariani Ohoiulun (Universitas Kristen Papua)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah factor-faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat berpengaruh terhadap pelayanan publik dikantor kelurahan puncak cendrawasih.Metode kuantitatif dengan teknik analisa data. 1. Hasil uji t Pengaruh Perencanaan (X1) terhadap Pelayanan publik (Y) diperoleh nilai t hitung 021 t tabel 1,98580. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ho) diterima dan (Ha) ditolak dapat disimpulkan bahwa Perencanaan secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Pelayanan publik. Untuk pernyataan H1 ditolak. Pengaruh Koordinasi (X2) terhap Pelayanan publik (Y) diperoleh nilai thitung 1.704 t tabel 1,98580. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ho) diterima dan (Ha) ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa Koordinasi secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Pelayanan publik. Untuk pernyataan H2 ditolak. Pengawasan (X3) terhadap Pelayanan publik (Y) diperoleh nilai thitung 2,534 t tabel 1,98580. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ho) ditolak dan (Ha) diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa Pengawasan secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Pelayanan publik. Untuk pernyataan H3 diterima. Kepemimpinan (X4) terhadap Pelayanan publik (Y) diperoleh nilai t hitung 1.354 t tabel 1,98580. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ho) diterima dan (Ha) ditolak dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Pelayanan publik. Untuk pernyataan H4 ditolak. Hasil uji F terdapat pengaruh Perencanaan,Koordinasi,Pengawasan, dan kepemimpinan terhadap Pelayanan publik dengan diperoleh F hitung sebesar 6.582 dengan F tabel sebesar 2,47. Dimana nilai F hitung 6.582 lebih besar dari nilai F tabel sebesar 2,47 sehingga dapat disimpulkan bahwa Perencanaan, Koordinasi, Pengawasan,Kepemimpinan mempunyai pengaruh secara simultan terhadap kepuasan Masyarakat. Hasil pengujian diketahui bahwa skor R square sebesar 0,685 artinya pengaruh dari variabel bebas Perencanaan,Koordinasi,Pengawasan, dan Kepemimpinan terhadap pelayanan publik sebesar 68,5%, sedangkan sisanya sebesar 31,5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...