JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Model Kooperatif Teknik Paired Storytelling terhadap Kemampuan Menyimak Cerita Siswa Sekolah Dasar

Miftahul Jannah (Universitas Negeri Medan)
Nurmayani Nurmayani (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif teknik paired storytelling terhadap kemampuan menyimak cerita siswa kelas V SDN 1 Sungai Liput. Jenis penelitian ini Quasi Experiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V SDN 1 Sungai Liput (53 siswa). Instrumen berbentuk tes LKS. Analisis data dengan uji Independent Samples T-Test. Hasil penelitian menunjukkan nilai mean pretest kelas eksperimen adalah 47,5 sedangkan kelas kontrol 41,6. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas eksperimen dengan teknik paired storytelling memperoleh mean posttest sebesar 88,85, sedangkan kelas kontrol sebesar 71,8. Pada Independent Samples T-Test, diperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel (7,462 > 1,677) maka kesimpulan yang diambil adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model kooperatif teknik Paired Storytelling terhadap kemampuan menyimak cerita siswa kelas V SDN 1 Sungai Liput T.A. 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...