Penelitian ini fokus meneliti persepsi mahasiswa perguruan tinggi terhadap penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran Matematika sangat relevan di era teknologi digital saat ini. Penelitian ini menggunana pendekatan campuran (mixed method) antara kuantitatif dan kualitatif. Sebanyak 12 mahasiswa terlibat sebagai responden penelitian. Data kuantitatif diperoleh dengan instrumen kuesioner berbasis closed-ended-questionnaire. Sementara data kualitatif diperoleh dengan instrument open-ended-questionnaire. Hasil penelitian persepsi mahasiswa menunjukkan bahwa: (1) jenis teknologi digital paling sering digunakan adalah smartphone yaitu mencapai 67%, diikuti youtube 25% dan aplikasi lain seperti Cloren dan Mathway sebanyak 8%. (2) Frekuensi penggunaan teknologi digital didominasi oleh jawaban sering 67% dan kadang-kadang 33%. (3) Sebanyak 91,9% responden memberikan jawaban ‘ya’ atau positif terkait 10 pertanyaan perihal penggunaan teknologi digital dalam belajar Matematika. Dalam data kuesioner terbuka, responden mengungkap pentingnya teknologi digital teirntegrasi dalam pembelajaran, perlunya pendampingan dan pelatihan menggunakan aplikasi teknologi digital serta kendala jaringan dan spesifikasi hp yang masih rendah.
Copyrights © 2023