JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Persepsi Mahasiswa Perguruan Tinggi terhadap Penggunaan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Matematika

Epi Nurlinda (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Irvan Irvan (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Marah Doly Nasution (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini fokus meneliti persepsi mahasiswa perguruan tinggi terhadap penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran Matematika sangat relevan di era teknologi digital saat ini. Penelitian ini menggunana pendekatan campuran (mixed method) antara kuantitatif dan kualitatif. Sebanyak 12 mahasiswa terlibat sebagai responden penelitian. Data kuantitatif diperoleh dengan instrumen kuesioner berbasis closed-ended-questionnaire. Sementara data kualitatif diperoleh dengan instrument open-ended-questionnaire. Hasil penelitian persepsi mahasiswa menunjukkan bahwa: (1) jenis teknologi digital paling sering digunakan adalah smartphone yaitu mencapai 67%, diikuti youtube 25% dan aplikasi lain seperti Cloren dan Mathway sebanyak 8%. (2) Frekuensi penggunaan teknologi digital didominasi oleh jawaban sering 67% dan kadang-kadang 33%. (3) Sebanyak 91,9% responden memberikan jawaban ‘ya’ atau positif terkait 10 pertanyaan perihal penggunaan teknologi digital dalam belajar Matematika. Dalam data kuesioner terbuka, responden mengungkap pentingnya teknologi digital teirntegrasi dalam pembelajaran, perlunya pendampingan dan pelatihan menggunakan aplikasi teknologi digital serta kendala jaringan dan spesifikasi hp yang masih rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...