Journal of Education, Cultural, and Politics
Vol. 3 No. 2 (2023): JECCO: Sixth Edition

Analisis materi Resolusi Konflik melalui E-Comic

Muhammad Ramez (Unknown)
Susi Fitria Dewi (Universitas Negeri Padang)
Azwar Ananda (Universitas Negeri Padang)
Ideal Putra (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan E-Comic pada pembelajaran inovatif dalam bentuk materi-materi mata kuliah resolusi konflik di Program studi PPKn FIS UNP yang memenuhi kriteria valid dan layak digunakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri atas pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PPKn FIS UNP angkatan 2020 yang mengambil mata kuliah resolusi konflik. Instrument penelitian menggunakan format instrument penilaian skala likert. Analisis data menggunakan formula Aiken’s untuk uji konten validitas dan intraclass correlation coefficients (ICC) untuk uji reliabilitas antar rater. Hasil penelitian E- pada pembelajaran inovatif dalam bentuk materi-materi Mata Kuliah Resolusi Konflik di Jurusan PPKN FIS UNP memenuhi kriteria valid. Nilai kevalidan dari E-Comic pada aspek penilaian media memiliki nilai indeks Aiken V rata-rata 0,909 dan dinyatakan sangat valid, Berdasarkan data yang didapatkan, ditemukan bahwa reliabilitas antar media rendah yaitu 0,314. Adapun pada aspek penilaian materi memiliki nilai indeks Aiken V rata-rata 0,900 dan dinyatakan sangat valid. Kemudian reliabilitas antar media rendah yaitu 0,364. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tes validasi E-Comic memiliki validitas cukup tinggi, dan reliabilitas antar rater cukup rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jecco

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Education, Cultural and Politics (JECCO) invites scholars, researchers, practitioners, and graduate students to submit their empirical original research papers on Education, Cultural and ...