Journal of Education, Cultural, and Politics
Vol. 3 No. 2 (2023): JECCO: Sixth Edition

Implementasi Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19

Tika Miranda Asra (Unknown)
Hasrul Hasrul (Universitas Negeri Padang)
Azwar Ananda (Universitas Negeri Padang)
Yusnanik Bakhtiar (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kesulitan yang ditemukan dalam penerapan sistem pembelajaran daring masa pandemi covid-19. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kebijakan pembelajaran tatap muka pasca pandemi covid-19 di SMP Negeri 4 Bukittinggi dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung serta faktor penghambat implementasi kebijakan pembelajaran tatap muka pasca pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pemilihan Informan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan sumbernya adalah sumber data primer dan sumber data sekunder melalui wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran tatap muka diterapkan untuk mengatasi terjadinya learning loss akibat pembelajaran di masa pandemi yang tidak optimal. Evaluasi pembelajaran tatap muka penuh pasca pandemi di SMP Negeri 4 Bukittinggi dilakukan enam bulan sekali dalam kegiatan supervisi ke kelas. Selama pembelajaran tatap muka ditemukan bahwa interaksi antara siswa dan guru masih kurang, motivasi belajar siswa masih menurun imbas belajar mandiri secara daring, dan karakter siswa yang kurang baik, budaya 5S yang memudar, dan siswa bersikap cuek di lingkungan sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jecco

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Education, Cultural and Politics (JECCO) invites scholars, researchers, practitioners, and graduate students to submit their empirical original research papers on Education, Cultural and ...