Jurnal Moral Kemasyarakatan
Vol 8 No 1 (2023): Volume 8, Nomor 1 - Juni 2023

Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Menanamkan Nilai Karakter Mandiri, Kreatif dan Gotong-Royong

Mey Sella Lara Piesesa (Universitas Sriwijaya)
Camellia Camellia (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2023

Abstract

Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk menanamkan nilai karakter mandiri, kreatif dan gotong-royong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana desain proyek penguatan profil pelajar Pancasil untuk menanamkan nilai karakter mandiri, kreatif dan gotong royong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan wawancara dan teknik pengumpulan data dengan observasi. Pengujian keabsahan data kualitatif menggunakan pengujian uji kredabilitas data, uji transferabilitas data, uji dependabilitas, dan uji komfirmabilitas. Dari hasil penelitian secara keseluruhan melalui pengumpulan data wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti mengenai bagaimana desain proyek penguatan profil pelajar Pancasil untuk menanamkan nilai karakter mandiri, kreatif dan gotong royong yaitu cukup baik dengan persentase Nilai 92% meskipun pada data teknik wawancara masih terdapat informan yang memberikan jawaban yang belum tepat atau kurang maksimal. Maka dari itu diharapkan desain proyek penguatan profil pelajar Pancasila harus terus dikembangkan agar penanaman nilai karakter mandiri, kreatif dan gotong-royong dapat berjalan dengan optimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMK

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal Moral Kemasyarakatan is published by the Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Study Program of Universitas Kanjuruhan Malang and Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI) of East Java, which includes the results of research on character, moral action ...