Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol. 8 No. 2 (2022): Vol. 8 No. 2 Mei 2022

Implementasi Bahasa Jawa Krama Inggil pada Pembelajaran Bahasa Jawa Sekolah Dasar di Wilayah Trenggalek_Dyah Dinu Azizah

Dyah Dinu Azizah (Universitas Negeri Surabaya)
Heru Subrata (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

ABTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penggunaan bahasa Jawa krama inggil, (2) faktor penyebab penurunan penggunaan bahasa Jawa krama inggil, (3) upaya pelestarian bahasa Jawa krama inggil. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2022, menggunakan penelitian kualitatif dengan sumber data penelitian guru dan siswa pada lima sekolah dasar negeri/swasta di wilayah Trenggalek. Pengambilan data melalui observasi dan wawancara dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Pada saat melakukan penelitian, peneliti menemukan hal menarik, yaitu banyak siswa yang masih asing dengan kosa kata bahasa Jawa krama inggil. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan: (1) penggunaan bahasa Jawa krama inggil menurun, (2) faktor penyebab menurunnya penggunaan bahasa Jawa krama inggil yaitu keluarga, lingkungan, dan guru, (3) upaya pelestarian bahasa Jawa krama inggil yaitu dengan membiasakan dan mengoreksi penggunaan bahasa Jawa krama inggil. Diharapkan penelitian ini bisa berkontribusi melestarikan penggunaan bahasa Jawa krama inggil di kalangan siswa sekolah dasar. Keywords: Bahasa Jawa, krama inggil, pembelajaran ABSTRAK This study aims to determine: (1) the use, (2) the factors causing the decline, and (3) the efforts to conserve the Javanese krama inggil. The research was conducted in February 2022, using qualitative research with research data sources from teachers and students at five public/private elementary schools in Trenggalek. Collecting data through observation and interviews with qualitative descriptive data analysis techniques. When conducting the research, the researcher found interesting thing, that many students unfamiliar with the Javanese krama inggil vocabulary. Based on the research, the conclusions: (1) the use of the Javanese krama inggil has decreased, (2) the factors causing the decline in the use of the Javanese krama inggil are family, environment, and teachers, (3) efforts to conserve the Javanese krama inggil by familiarizing and correcting it. It is hoped that this research can contribute to conserving the use of the Javanese krama inggil language among elementary school students. Keywords: javanese language, krama inggil

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...