Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
Vol. 8 No. 2 (2022): Vol. 8 No. 2 Mei 2022

Hypothetical Learning Trajectory: Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Etnomatematika Konteks Jamu Sinom

Fasyah Alya Syabrina (Universitas Negeri Surabaya)
Wiryanto Wiryanto (Universitas Negeri Surabaya)
Neni Mariana (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sangat sulit dipahami,karena pendekatan yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran masih bersifat tradisional. Melihat permasalahan tersebut, maka peneliti melakukanpenelitian tentang Hypothetical Learning Trajectory (HLT) RME berbasis etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui lintasan belajar (HLT 1) terkait materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dengan menggunakan pendekatan RME berbasis etnomatematika melalui minuman tradisional jamu sinom; 2) Mengetahui hasil dari implementasi HLT 1 dan rancangan HLT 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design and research dengan teknik pengumpulan data berupa foto dan video, pengerjaan LKPD, dan kegiatan observasi yang berupa pengamatan keadaan kelas dan peserta didik secara langsung. Subjek penelitian terdiri dari 4 orang siswa kelas II di SDN Banyu Urip II Surabaya. Hasil penelitian ini berupa desain HLT khususnya untuk materi operasi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan pendekatan RME berbasis etnomatematika melalui konteks tradisional minuman jamu sinom.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PD

Publisher

Subject

Education

Description

The Journal focus and scope: Research in the field of scientific concept of basic education includes mathematics, science, social studies, civics and Indonesian. ...