Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian
Vol 8, No 2 (2023): Mei 2023

Pengaruh Modal, Lama Usaha, Tingkat Pendidikan dan Implementasi Digital Marketing Terhadap Pendapatan UMKM di Kota Banda Aceh

Putri Melania (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala.)
Rahmaddiansyah Rahmaddiansyah (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala)
Sofyan Sofyan (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
01 May 2023

Abstract

Abstrak. Digital marketing merupakan bentuk pemasaran modern yang dapat mencapai tujuan dengan cara yang lebih mudah dan lebih cepat. Penggunaan digital marketing juga dapat membantu pelaku UMKM mempromosikan dan mampu memperluas pasar. Terdapat perbedaan antara pelaku UMKM yang mengimplementasikan digital marketing dengan pelaku UMKM yang tidak mengimplementasikan digital marketing dalam usahanya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh modal, lama usaha, tingkat pendidikan dan implementasi digital marketing terhadap pendapatan UMKM di Kota Banda Aceh dan menganalisis perbedaan pendapatan UMKM yang mengimplementasikan digital marketing dengan UMKM yang tidak mengimplementasikan digital marketing di Kota Banda Aceh. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji mann whitney. Metode penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Populasinya sebanyak 525 orang, responden yang mengimplementasikan digital marketing sebanyak 23 responden dan responden yang tidak mengimplementasikan digital marketing sebanyak 20 responden. Hasil dari penelitian analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel modal dan implementasi digital marketing berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM di Kota Banda Aceh. Sedangkan variabel lama usaha dan tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM di Kota Banda Aceh. Hasil analisis uji mann whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan anatara UMKM yang mengimplementasikan digital marketing dengan UMKM yang tidak mengimplementasikan digital marketing di Kota Banda Aceh.The Influence of Capital, Length of Business, Education Level and Implementation of Digital Marketing on MSME Income in Banda Aceh CityAbstract. Digital marketing is one of the modern marketing techniques that can help entrepreneurs achieve their goals of increasing sales efficiently and faster. Digital marketing can also help MSME entrepreneur to promote and expand their market. There is a difference between MSME entrepreneurs who implement digital marketing and MSME entrepreneurs who do not implement digital marketing in their businesses. This study aims to determine the business capital, how long the business has been running, education level and implementation of digital marketing on MSME income in Banda Aceh City and analyze the differences in the income of MSMEs that implement digital marketing and MSMEs that do not implement digital marketing in Banda Aceh. This study was analyzed using multiple linear regression analysis and the Mann-Whitney test. In this study, purposive sampling is the sampling method with a population of 525 people. The respondents can be divided into two groups: (1) those who implement digital marketing are 23 respondents and (2) those who do not are 20. The results of the multiple linear regression analysis studies show that the variables of the business capital and digital marketing implementation significantly affect the income of MSMEs in Banda Aceh. At the same time, the variables of the duration of business and education level have no significant effect on the income of MSMEs in Banda Aceh. The Mann-Whitney test analysis results show significant differences between MSMEs that implement digital marketing and MSMEs that do not implement digital marketing in Banda Aceh.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JFP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian (JIMFP) diterbitkan oleh Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala. Merupakan media jurnal elektronik sebagai wadah untuk penyebaran dan publikasi hasil penelitian dari skripsi/tugas akhir dan atau sebagian dari skripsi/tugas akhir mahasiswa strata satu (S1) ...