Journal for Lesson and Learning Studies
Vol. 6 No. 2 (2023): July

Student Interest in Becoming A Biology Teacher During The Pandemic Era

Mia Aina (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Aulia Sanova (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Danial Musysd (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Gusti Ayu Muthia (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Mahasiswa jurusan pendidikan biologi pada fakultas keguruan dan ilmu pendidikan akan menghasilkan calon guru biologi. Namun tidak semua siswa memiliki minat untuk memilih dan memulai profesi menjadi guru. Berdasarkan hasil wawancara dengan siswa pendidikan biologi, beberapa siswa tidak berminat menjadi guru. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis minat siswa menjadi guru di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi. Sample penelitian ini berjumlah 91 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan survey. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket skala Likert. Data yang diperoleh dari responden dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih memiliki minat menjadi guru dengan kategori baik dan sangat baik pada faktor motivasi intrinsik dan ekstrinsik, pemahaman tentang profesi guru, citra profesi guru, dan pendidikan. latar belakang. Namun pengaruh lingkungan dan kesejahteraan keluarga dan guru memiliki kategori persentase yang cukup baik. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian siswa menganggap kedua faktor tersebut tidak menarik bagi siswa untuk menjadi guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JLLS

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes ...