Educativo: Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 1 (2023): Educativo: Jurnal Pendidikan

Kajian Analisis Pendekatan Teori Konstruktivisme Dalam Proses Belajar Mengajar

Meidarwati Harefa (Universitas Nias)
Jesslyn Elisandra Harefa (Universitas Sumatera Utara)
Amstrong Harefa (Universitas Nias)
Hendrikus O N Harefa (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini adalah kajian kepustakaan tentang pendekatan teori konstruktivisme dalam proses belajar mengajar. Meskipun demikian perlu di kaji lebih mendalam lagi penerapannya sesuai dengan teori yang sudah ditetapkan. Untuk melakukan hal tersebut maka penelitian ini dilakukan melalui studi kepustakaan tentang “Bagaimana kajian analisis pendekatan teori konstruktivisme dalam proses belajar mengajar? kajian penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan teori konstruktivisme dan dampaknya dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan kelima jurnal tersebut yang telah dikaji peneliti mendapatkan hasil bahwa pendekatan teori konstruktivisme dapat digunakan kedalam semua bentuk pelaksanaan proses pembelajaran, karena pendekatan pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan dasar siswa dan memunculkan suatu keterlibatan aktif siswa untuk mengembangkan sendiri kemampuan belajar sehingga dalam pelaksaaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan teori konstruktivisme ini, siswa mempunyai keleluasaan serta kebebasan untuk mengeksplorasi seluruh kemampuannya dan untuk mengkonstruksikan sendiri pengetahuan berupa ide-ide dan gagasan-gagasan baru yang bersifat membangun berdasarkan topik dan materi sebelumnya yang telah dijelaskan oleh guru. Maka sesuai dengan perumusan masalah dapat ditarik kesimpulan bahwa “pendekatan teori konstruktivisme mempunyai dampak yang sigifikan terhadap proses belajar mengajar”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Educativo: Jurnal Pendidikan focuses on the following topics: curriculum development, teacher education and professional development, teacher training, cross-cultural studies, learning, evaluation, english language teaching, counseling, management, quality of education, and the use of communication ...