Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 3 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pengaruh Hedonic Consumption, Availability Of Money Dan Positive Emotion Terhadap Pembelian Impulsif Pada E-Commerce Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Kota Semarang)

Ahmad Agung Wijiyanto (Universitas Stikubank Semarang)
Robertus Basiya (Universitas Stikubank Semarang)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hedonic consumption, availability of money dan positive emotion terhadap pembelian impulsif pada e-commerce shopee di kota semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah mayarakat pengguna e-commerce Shopee di kota semarang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada masyarakat pengguna e-commerce Shopee dan menggunakan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji koefisien determinasi (), regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hedonic consumption tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif, avalibalibity of money berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsive, positive emotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...