Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi)
Vol 4, No 1 (2023): Juni

Pengaruh Penggunaan Instagram Sebagai Media Komunikasi Dalam Membangun Brand Image Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Farida Farida (Universitas Koperasi Indonesia (Ikopin University))



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengaruh penggunaan Instagram sebagai media komunikasi dalam membangun brand image  pada UMKM, dalam hal ini pada toko suku cadang motor dan restorasi motor klasik custom. Penelitian dilihat dari seberapa besar penggunaan Instagram yang dilakukan oleh pemilik  dan seberapa besar penggunaan Instagram berpengaruh dalam membangun brand image. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif,  pengumpulan data dilakukan dalam bentuk wawancara dan penyebaran kuisioner terhadap pemilik dan 36 responden yang menjadi followers. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas data, koefisien determinasi, uji parsial t, uji regresi linear sederhana, dan uji hipotesis yang diolah menggunakan program Statistical Package For Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian menunjukan penggunaan Instagram dinilai sangat baik oleh responden dan menjadikan media komunikasi yang interaktif dengan kosumen dan pelanggannya. Sedangkan skor dari brand image menunjukkanbahwa membangun brand image dinilai sangat baik oleh responden. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif antara penggunaan Instagram terhadap membangun brand image.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

buanakomunikasi

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi) is a scientific journal published by the Sangga Buana YPKP Social and Political Science Study Program with p-ISSN 2774-2342,e-ISSN 2774-2202 published 2 times and 1 year (June-December). The articles published have gone through the ...