cover
Contact Name
Adi Permana Sidik
Contact Email
buanakomunikasi@usbypkp.ac.id
Phone
+6285720033550
Journal Mail Official
adi.permana@usbypkp.ac.id
Editorial Address
Jl. PHH. Mustofa No. 68 Telp. 022-7275489, 7202841, Fax. 022-7201756 Bandung 40124
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi)
ISSN : 27742342     EISSN : 27742202     DOI : -
Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi) is a scientific journal published by the Sangga Buana YPKP Social and Political Science Study Program with p-ISSN 2774-2342,e-ISSN 2774-2202 published 2 times and 1 year (June-December). The articles published have gone through the review process of the reviewers, which are related to communication science. The articles that are published can also be in the form of scientific ideas, theoretical and conceptual studies, as well as practical applications from both academics or practitioners in the field of communication. The scope of the Buana Communications Journal includes: Interpersonal Communication, Public Communication, Organizational Communication, Mass communication, Political Communication, Cultural Communication, Communication Ethics, and Religious communication.
Articles 42 Documents
Pengaruh Personal Branding Terhadap Minat Beli Konsumen Rusdiana Rusdiana; Adi Permana Sidik
Jurnal Media Komunika Vol 1, No 2 (2020): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial (uji t) didapat bahwa variabel Personal branding memiliki nilai koefisien sebesar 0.928 dengan nilai sig. 0.000 (lebih kecil dari nilai alpha 0.05), maka H0 ditolak, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara personal branding terhadap minat beli konsumen. Besar nilai pengaruhnya adalah 0.928, nilai trsebut memiliki makna bahwa untuk setiap peningkatan persentase personal branding yang dilakukan oleh produk Tzeza leathermade maka akan meningkatkan minat beli konsumen sebesar 0.928 persen berpengaruh signifikan dalam meningkatkan minat beli kepada konsumen. Berdasarkan koefisien determinasi variabel independen personal branding (X) dapat menjelaskan variabel dependen Minat Beli (Y) sebesar 84.5% sedangkan sisanya yaitu sebesar 15.5% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya di luar variabel penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa personal branding Tzeza Leathermade berpengaruh positif secara signifikan untuk meningkatkan minat beli konsumen.
Peran Kepala Sekolah SMA Kemah Indonesia 2 dalam Upaya Membangun Citra Positif Sekolah Hikmat Saepudin; Sandra Irawaty
Jurnal Media Komunika Vol 1, No 1 (2020): Juni
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepala Sekolah adalah pimpinan tertinggi dalam struktur sekolah formal, kepala sekolah memiliki pengaruh tinggi pada sekolah yang dipimpinnya, tidak terkecuali terhadap pembentukan citra sekolah, dalam membuat citra tidak terlepas dari menjalin komunikasi dengan pihak eksternal sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran kepala sekolah SMA Kemah Indonesia dalam membangun dalam komunikasi dengan pihak eksternal sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan data wawanwancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini terlihat peran kepala sekolah yang aktif dalam membangun komunikasi pihak eksternal, komunikasi dan relasi yang dilakukan oleh kepala sekolah seperti dengan rekan sejawat sesama kepala sekolah, alumni SMA Kemah Indonesia, pelaku usaha seperti : PT. Ewindo, PT. Telkom, hingga pejabat pemerintah baik pemerintah kota Bandung ataupun Pemerintah Propinsi Jawa Barat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa seorang kepala sekolah dapat melakukan peran dari seorang public relations dalam upaya membuat sebuah citra sebuah instansi atau perusahaan.
Kompetensi Dan Motivasi Berdampak Pada Kinerja Tenaga Pendidik Di Pusdikkowad Kodiklat TNI AD Nurhaeni Sikki
Jurnal Media Komunika Vol 1, No 2 (2020): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kinerja tenaga pendidik di Pusdikkowad Kodiklat TNI AD. Hasil penelitian mengenai kompetensi yang dimiliki oleh tenaga  pendidik di Pusdikkowad Kodiklat TNI AD yang diukur dari dimensi pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) dan sikap (Attitude) beberapa pada  kategori baik.  Adapun motivasi tenaga pendidik yang diukur dari dimensi yaitu kebutuhan berprestasi (need for achievement), kebutuhan berkuasa (need for powerfull) dan kebutuhan berafiliasi (need for affiliation) sudah baik. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS versi 16. Hasil analisis jalur menunjukan bahwa kompetensi dan motivasi memiliki pengaruh terhadap kinerja tenaga pendidik di Pusdikkowad Kodiklat TNI AD, baik secara langsung maupun tidak langsung di mana pengaruh langsung motivasi lebih besar dibandingkan pengaruh kompetensi terhadap kinerja. Selain itu, hasil pengujian hipotesis menunjukkan variabel kompetensi dan motivasi berpengaruh terhadap kinerja tenaga pendidik di pusdikkowad kodiklat TNI AD dengan nilai F (0.000) dan kontribusi sebesar 75,3%. Secara parsial variabel kompetensi dan motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja tenaga pendidik dengan thitung 0.000. 
Pengaruh Personal Branding dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Kuantitatif BTS dan Album Love Yourself pada Fandomnya Army Bandung) Rezki Mutiara Indah; Reza Saeful Rachman
Jurnal Media Komunika Vol 1, No 1 (2020): Juni
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Personal Branding BTS terhadap keputusan pembelian album Love yourself, (2) pengaruh Citra Merek Album Love Yourself terhadap keputusan pembelian album Love Yourself, dan (3) pengaruh Personal Branding BTS dan Citra Merek Album Love Yourself terhadap keputusan pembelian Album Love Yourself. Metode penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Fans Kpop Fandom BTS yang bernama ARMY di Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 139 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa: (1) Personal Branding BTS berpengaruh signifikan, dibuktikan dari t hitung sebesar 0,421 dengan nilai signifikan sebesar 0,681 lebih besar dari 0,05(0,681>0,05), dan koefesian regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,040; (2) Citra Merek Album Love Yourself berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian album Love Yourself, dibuktikan dari nilai thitung sebesar 5,736 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000<0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 1,495; dan (3) Personal Branding BTS dan Citra Merek Album Love Yourself secara stilmutan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian Album Love Yourself, dibuktikan dengan hasil nilai Fhitung sebesar 71,520 dengan signifikansi sebesar 0,000 (0,000<0,05).
Fotografi Instagram: Studi Literatur Tanto Trisno Mulyono
Jurnal Media Komunika Vol 1, No 2 (2020): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi saat ini telah menghadirkan media komunikasi yang semakin bervariasi. Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia akan informasi akan semakin meningkat hal ini didukung oleh perkembangan teknologi. Dengan kemajuan di bidang teknologi komunikasi, semakin memudahkan semua orang di dunia untuk mengetahui informasi, jarak, ruang dan waktu yang tidak terbatas. Adapun salah satu media sosial yang diminati semua kalangan terutama kaum muda dan banyak diakses melalui smartphone adalah Instagram. Instagram merupakan aplikasi berbagi foto yang menawarkan aplikasi berbasis fotografi dimana pengguna dapat mengunggah foto sendiri secara langsung melalui ponsel. sehingga pengguna Instagram menjadi tertarik dengan fotografi.
Strategi Media Penyiaran Dalam Membuat Program Siaran Yang Sehat Bagi Publik Witri Cahyati; Roni Tabroni; Adi Permana Sidik; Nunung Sanusi; Pupi Indriati Zaelani
Jurnal Media Komunika Vol 1, No 1 (2020): Juni
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi media menyiaran di Cirebon dan Majalengka dalam membuat dan mempertahankan program siaran dengan dengan menggunakan lima pendekatan: yaitu (1) Sajian yang Diminati dan Menarik, (2) Memperhatikan Audiens (Pendengar dan Pemirsa), (3) Konten Lokal, (4) Segmen Usia, (5) Interkasi dengan Pendengar. Temuan lainnya adalah tentang dinamika eksistensi media penyiaran di Cirebon dan Majalengka di tengah serbuan internet dan media sosial. Media penyiaran di Cirebon dan Majalengka terus beradaptasi dengan perubahan perilaku masyarakat di media sosial. Kata kunci: Strategi Media Penyiaran, Program Siaran, Konten Sehat, Publik
Kegiatan Integrated Marketing Communication UMKM Se-Bandung Raya Dalam Program SinergitaS ABCGM Pupi Indriati Zaelani; Imam Imaha Soleh
Jurnal Media Komunika Vol 1, No 1 (2020): Juni
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan IMC yang dilakukan oleh UMKM se-Bandung Raya dalam Program Sinergitas ABCGM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Sampel yang diambil sebanyak 3 orang yang merupakan UMKM aktif dalam Program Sinergitas ABCGM. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti memfokuskan kegiatan IMC pada Advertising, Publicity dan Word of Mouth. Kegiatan Advertising, Publicity dan Word of Mouth yang di Lakukan UMKM se-Bandung Raya dalam Program Sinergitas ABCGM menggunakan strategi digital Marketing melalui media sosial utama yaitu instagram. Strategi digital Marketing dengan Advertising, Publicity dan Word of Mouth yang di Lakukan UMKM se-Bandung Raya dalam Program Sinergitas ABCGM belum tertata dengan rapih karena manajemen yang tidak dilakukan secara maksimal.
Komunikasi Interpersonal Dalam Konsultasi Dokter Estetika Dengan Pasien Melalui Media Sosial Whatsapp Daniel Paulus Evert
Jurnal Media Komunika Vol 1, No 2 (2020): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan konsultasi merupakan salah satu langkah pendukung untuk menegakkan diagnosis. Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, maka kegiatan konsultasi dapat dilakukan secara online. Kegiatan konsultasi online membutuhkan kemampuan komunikasi interpersonal yang efektif baik dari pihak dokter estetika maupun dari pihak pasien sehingga kegiatan konsultasi online dapat berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengkaji komunikasi interpersonal dalam konsultasi dokter estetika dengan pasien melalui media sosial WhatsApp berdasarkan 5 Inevitable Laws of Effective Communication yang terdiri dari Respect, Empathy, Audible, Clarity, dan Humble. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, pendekatan penelitiannya studi kasus, Teknik pengumpulan data melalui wawancara, sedangkan teknik analisis datanya dengan reduksi data, model data (data display), dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat sikap-sikap Respect, Empathy, Audible, Clarity, dan Humble dalam komunikasi interpersonal dalam konsultasi dokter estetika dengan pasien melalui media sosial WhatsApp.
Penggunaan Media dalam Komunikasi Publik Juru Bicara Pemerintah Republik Indonesia Khusus Covid-19 dalam Penyampaian Pesan Kepada Masyarakat Indonesia Witri Cahyati; Reza Saeful Rachman; Daniel Paulus Evert; Ilham Nugraha; Dina Dianti
Jurnal Media Komunika Vol 1, No 2 (2020): Desember
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil penelitian ini adalah deskripsi penggunaan media yang digunakan pemerintah pusat melakukan penyebaran informasi kepada masyarakatIndonesia dalam rangka menanggulangi pandemi ini. Selanjutnya, diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan referensi mengenai strategi komunikasi dalam menghadapi krisis baik di masa kini maupun yang akan datang bagi pemerintah pusat dan bagi pemerintah tingkatan yang lain, seperti pemerintah provinsi, pemerintah kota atau bahkan pemerintah desa
Perilaku Pencarian Informasi Produk Fashion Melalui Media Sosial Instagram Riza Nur Azizah; Adi Permana Sidik
Jurnal Media Komunika Vol 1, No 1 (2020): Juni
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USB YPKP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa informasi yang dicari melalui media sosial instagram mengenai produk fashion adalah spesifikasi produk fashion seperti bahan, design/model, warna, ukuran, dan harga. Perilaku pencarian informasinya yaitu pencarian aktif (active search). Sedangkan untuk tindak lanjut perilaku pencarian informasi produk fashion melalui media sosial instagram yaitu ada yang langsung di beli karena sudah yakin, ada yang menundanya dulu karena budgetnya kurang, dan ada yang masih ragu-ragu. Perkembangan media sekarang ini telah memberikan kemudahan bagi sebagian orang, terutama dalam mencari berbagai macam  informasi yang dibutuhkan. Sehingga dengan adanya informasi tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan yang luas. Kata kunci: pencarian informasi, media sosial, instagram, produk fashion