ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 1 (2023): ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kepada Masyarakat

Nilai – Nilai Solidaritas Sosial Dalam Serikat Tolong Menolong III B Cambahan (Studi Kasus Dusun III B Cambahan, Desa Pantai Gemi, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat)

Agung Gumelar (Universitas Sumatera Utara)
Agus Suriadi (Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Solidaritas sosial mengacu pada rasa persatuan dan kerja sama yang ada dalam suatu kelompok atau masyarakat. Ini adalah nilai penting karena membantu menciptakan rasa memiliki dan saling mendukung dalam suatu komunitas. Dalam konteks Serikat Tolong Menolong III B Cambahan, nilai-nilai solidaritas sosial dapat diwujudkan melalui upaya organisasi untuk saling membantu dan mendukung pada saat dibutuhkan. Ini dapat melibatkan pemberian bantuan keuangan, fisik, atau dukungan emosional kepada anggota masyarakat. Nilai-nilai solidaritas sosial juga dapat ditunjukkan melalui upaya organisasi untuk mendorong kerja sama dan kolaborasi antar anggota masyarakat, serta upayanya untuk mempromosikan keadilan dan kesetaraan sosial. Secara keseluruhan, nilai-nilai solidaritas sosial memainkan peran penting dalam mempromosikan rasa persatuan dan kerja sama dalam komunitas dan dapat membantu menciptakan masyarakat yang lebih kuat dan kohesif.. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tahapan wawancara dan observasi langsung. Penelitian menunjukkan bahwa Serikat Tolong Menolong III B Cambahan memberikan manfaat besar bagi anggotanya terutama dalam memberikan rasa aman ketika ada keluarga yang meninggal dunia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arsy

Publisher

Subject

Humanities

Description

ARSY : Jurnal Aplikasi Riset kapada Masyarakat is a scientific publication in the field of community service and empowerment by strengthening the fields research in applied science and social ...