Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)
Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal)

Efektivitas Permainan Ular Naga terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Bahari Padang

Melia Muslida Febri (universitas negeri padang)
Dadan Suryana (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Perkembangan sosial emosional adalah salah satu aspek yang harus dikembangkan pada anak usia dini. Tujuan penelitian untuk mengungkapkan keefektifan permainan ular naga terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Bahari Padang dan mengungkap perbedaan antara dua variabel yang berbeda. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi-eksperiment design). Populasi penelitian ini yaitu siswa TK Bahari Padang, dengan sampel kelas B3 dan B4 yang masing-masing terdiri dari 10 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi terstruktur, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data dioalah dengan uji perbedaan (t-test) menggunakan bantuan aplikasi SPSS 15.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan skor pretest dan post-test kelas eksperimen adalah skor pre-test 234 dan post test 278, sedangkan hasil rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 23,4 dan 27,8. Sementara skor pada pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 241 dan 266, dengan hasil rata-rata pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 24,1 dan 26,6. Data yang dihasilkan berdistribusi normal serta homogen. Pada uji hipotesis dengan independet sample t-test nilai sig (2-tailed) 0,007 yaitu lebih kecil dari 0,05. Dapat disimpulkan bahwa permainan ular naga terbukti efektif terhadap perkembangan sosial emosional anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aura

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Focus dan scope jurnal ini adalah upaya untuk mengaktualisasikan pemahaman yang lebih baik tentang studi-studi pendidikan islam anak usia dini dari berbagai aspek perkembangan. Baik yang terkait dengan perkembangan Spiritual,kongnitif, sosial-emosional, fsikomotor,bahasa,dan seni. teori-teori yang ...