Kemampuan representasi matematis siswa ialah kemampuan yang ada dalam diri siswa dalam mengelolah sekaligus mengungkapkan ide-ide matematika sepeti bagaimana menjelaskan kembali suatu masalah terkait yang dapat berupa diagram, tabel, grafik, simbol matematika, model matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan representasi siswa dalam menyelesaikan soal HOTS ditinjau dari gaya belajar. Kecendrungan gaya belajar yang akan di lihat yaitu biasa di singkat VAK (Visual Auditori Kinestetik). Sedangkan focus Representasi yang diteliti berupa visual, verbal dan simbolik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, tes dan wawancara. Subyek penelitian ada 3 mewakili kecendrungan gaya belajar yang dimiliki yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi siswa berdasarkan gaya belajar berbeda-beda. Siswa yang memiliki gaya belajar visual dominan pada kemampuan representasi visual, siswa yang memiliki gaya belajar auditorial dominan pada kemampuan representasi simbolik dan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dominan pada kemampuan representasi Verbal dan Visual.
Copyrights © 2023