JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika
Vol. 5 No. 1 (2023): JUKI : Jurnal Komputer dan Informatika, Edisi Mei 2023

Media Pembelajaran Rumah Adat Batak Toba “Jabu Bolon” Berbasis Multimedia dengan menggunakan Macromedia Flash

Tonni Limbong (Universitas Katolik Santo Thomas)
Pilipus Tarigan (Universitas Mandiri Bina Prestasi Medan)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Media pembelajaran Rumah Adat Batak Toba “jabu Bolon” ini merupakan media pembelajaran untuk mata pelajaran muatan lokal dalam melestarikan Budaya di Indonesia secara khusus di Sumatera Utara suku Batak Toba, setelah mempelajari Rumah Adat Batak Toba selanjutanya aplikasi juga menyediakan halaman evaluasi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal Rumah Adat Batak Toba dan Sejarahnya dengan mengetahui bagian atau unsur yang belum dipahami oleh banyak orang. Dalam ajaran Budaya setiap orang wajib mengetahui dan mengenal budaya dan Sejarahnya agar kearifan lokal tetap terjaga dan dapat menjadi sebuah sumber pendapatan bagi dunia pariwisata. Pada umumnya Rumah Adat Batak toba dan Sejarahnya dikenalkan pada anak-anak karena sejarah dan budaya sangat baik untuk dicontoh dan ditiru oleh anak-anak agar anak tersebut dapat berkembang menjadi pribadi yang memiliki akhlak yang baik. Saat ini Indonesia semakin berkembang namun anak-anak tidak boleh melupakan dengan budaya nenek moyang atau leluhur dimana sekarang jarang siswa yang memahami karena tidak antusias dalam pembelajaran muatan lokal dikarenakan kurangnya media pembelajaran. Pada aplikasi ini pengguna akan disuguhkan sejarah rumah adat sebagai bahan bacaan dan bentuk rumah di Sumatera Utara khususnya Suku Batak Toba yang dilengkapi dengan evaluasi dengan model Puzzle dan Pilihan Ganda untuk memperdalam pengetahuan mengenai Rumah Adat Batak Toba

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JUKI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JUKI: Jurnal Komputer dan Informatika (e-ISSN: 2722-4368) berfokus pada keilmuan yang ada tentang Komputer dan Informatika, yaitu Sistem Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan & Multimedia, Teknologi Web & Mobile, serta kecerdasan Buatan & game. Akan tetapi JUKI juga tidak membatasi terhadap ...