Buletin LOUPE (Laporan Umum Penelitian)
Vol 19 No 01 (2023): Edisi Juni 2023

Kajian Sifat Fisik dan Kimia Fruit Leather Jambu Irung Petruk (Syzygium samarangense) dengan Penambahan Carboxy Methyl Cellulose (CMC)

Murni Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Buah jambu irung petruk (Syzygium samarangense) termasuk bahan pangan hasil pertanian yang bersifat mudah rusak karena memiliki kandungan air yang tinggi. Salah satu cara untuk mengawetkan buah jambu irung petruk adalah dengan dibuat menjadi fruit leather. Fruit leather adalah salah satu produk olahan yang berupa irisan tipis buah atau berbentuk adonan buah yang mengalami proses pengeringan. Fruit leather jambu irung petruk ini memiliki rasa yang khas dan tekstur yang kenyal. Tekstur yang kenyal pada fruit leather jambu irung petruk diperoleh dari penambahan carboxy methyl cellulose (CMC). Taraf penambahan carboxy methyl cellulose (CMC) pada penelitian ini adalah 0,5%, 1%, 1,5% dan 2%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat fisik dan kimia fruit leather jambu irung petruk dengan pengujian rendemen, pH, tensil strength, kadar air. Metode penelitian ini menggunakan perhitungan rata-rata dari masing-masing parameter pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata rendemen tertinggi terdapat pada perlakuan penambahan carboxy methyl cellulose (CMC) sebanyak 2% yaitu 29.07%, nilai rata-rata pH tertinggi pada perlakuan taraf 2% sebesar 3,6, nilai rata-rata tensile strength tertinggi sebesar 0,267 MPa pada taraf 2% dan nilai rata-rata kadar air tertinggi sebesar 17,3% pada perlakuan 1,5%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalloupe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Buletin Loop of the Politeknik Pertanian Negeri Samarinda is one of the most active centres of scientific work in agriculture in the Samarinda. Problems are attacked from two distinct points of view: the economic, in which the object is to show how crops may be produced a little more cheaply than at ...