Jurnal Pendidikan
Vol 32, No 2 (2023)

Analisis Soal HOTS Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2022/2023

Hania nurbayti (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Suwarto Suwarto (Unknown)
Agus Purwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal dan karakteristik soal tipe HOTs ditinjau bentuk soal yang mengukur berpikir tingkat tinggi serta berbasis permasalahan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif yaitu metode campuran atau Mixed Methods Research (MMR). deskriptif kuantitatif untuk mengetahui persentase dari hasil analisis soal dalam tipe HOTs dan LOTs yang sesuai dengan ketentuan taksonomi Bloom dan untuk mengetahui persentase dari karakteristik dari soal tipe HOTs, deskripsi kualitatif untuk menjelaskan dan memberikan makna dari data kuantitatif yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas soal penilaian akhir semester gasal mata pelajaran biologi kelas X tahun ajaran 2022/2023 dengan persentase sebesar 42,5% HOTs deskripsikan menurut tabel kriteria kesesuaian soal-soal berbasis HOTs “setengah” dari soal-soal penilaian akhir semester gasal mata pelajaran biologi kelas X tahun ajaran 2022/2023 berbasis HOTs serta karakteristik soal tipe HOTs dengan persentase 71% menunjang berpikir tingkat tinggi, 29% berbasis masalah kontekstual dideskripsikan tabel kriteria kesesuaian soal yang menunjang untuk mengukur berpikir tingkat tinggi “sebagian besar” dari karakteristik soal HOTs sedangkan soal yang berbasis masalah kontekstual dideskripsikan “kurang dari setengah” dari karakteristik soal HOTs. Kata-Kata Kunci: HOTs, Penilaian Akhir Semester, Karakteristik HOTs

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil penelitian, kajian mendalam, dan gagasan atau karya inovatif di bidang pendidikan. Karya inovatif para guru dan dosen pembangunan sektor pendidikan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi sekolah dan institusi ...