Indonesian Journal of Community Empowerment and Service
Vol. 3 No. 1: Juni 2023

Peningkatan Pemahaman Aktifitas Tektonik kepada Guru dan Siswa SMA Negeri 1 Temon, Yogyakarta

Subhan Arif (Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, Indonesia)
Nurul Dzakiya (Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, Indonesia)
Nurul Patimah (Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Pulau Jawa merupakan bagian terdepan dari Paparan Sunda yang berada di sisi utara berhadapan dengan Lempeng Indoaustralia yang berada di bagian selatan dengan pergerakan ke arah utara sebesar enam sampai tujuh cm per tahunnya. Hal ini menjadikan perlunya pemahaman mengenai bagaimana satu lempeng tektonik berinteraksi dengan lempeng tektonik yang lainnya. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan untuk memberikan peningkatan pemahaman sejak dini kepada masyarakat, khususnya Guru dan Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Temon sebagai mitra yang bertempat tinggal dekat dengan zona tunjaman Lempeng Benua Sunda dengan Lempeng Indo Australia. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah sosialisasi atau penyuluhan secara langsung yang disertai dengan diskusi untuk pendalaman materi. Hasilnya adalah terjadinya peningkatan sebesar tiga puluh persen pemahaman dari peserta. Pemahaman mengenai konsep tektonik lempeng maupun potensi yang terdapat di dalamnya. Tingkat kepuasan mitra pada kegiatan ini menunjukan nilai seratus persen yang berarti kegiatan ini telah dapat memenuhi apa yang menjadi tujuannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

icomes

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES) is a journal managed by the Department of Physics, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, University of Bengkulu. Published biannually by UNIB Press, Universitas Bengkulu, Indonesia, with the ISSN (online): 2809-9869; and ISSN ...